Nama : Dhika Ananda Ramadhan
NPM : 51412994
Kelas : 3IA18
Story about:
Seorang anak laki-laki yang sedang memperagakan solat, dimulai dari takbiratul ihram hinga akhir salam, semua di rancang agar memudahkan dalam mempraktikan solat .
Cara pembuatan :
Pada
perancangan tampilan yang pertama dilakukan adalah merancang badan objek menggunakan
satu buah objek pada mesh yaitu cube seperti pada gambar dibawah ini :
Gambar Menambahkan objek cube ke layar
Setelah objek cube muncul ke tampilan layar
komputer, selanjutnya masuk ke edit mode dengan cara menekan “tab” pada tombol
keyboard dan bagi objek cube tersebut menjadi 2 bagian dengan menekan tombol
“ctrl + r” pada keyboard sehingga akan tampil seperti gambar dibawah ini :
Gambar Objek cube
Untuk
mempermudah dalam pembuatan badan pada objek agar badan bagian kiri dan kanan seimbang
dapat menggunakan efek cermin yang terdapat pada “object modifiers” seperti
pada gambar dibawah ini :
Gambar Menambahkan modifier ke objek
Sehingga objek cube akan tampak seperti pada
gambar dibawah ini :
Gambar Objek cube setelah di beri efek mirror
Selanjutnya
untuk membuat objek menyerupai manusia, dengan cara masuk ke edit mode terlebih
dahulu dengan menekan tombol “tab” pada keyboard. Bentuk cube sedemikian rupa dengan
cara menarik bagian bawahnya pada bagian kanan cube hingga menjadi kaki manusia
seperti gambar dibawah ini :
Gambar Membuat kaki pada objek
Agar
terlihat lebih detail terlihat seperti lutut dengan cara menekan “ctrl + r”
pada tombol keybord, lalu tarik garis tersebut ke bagian objek yang ingin
dijadikan lutut hingga seperti telihat pada gambar berikut ini :
Gambar Kaki objek setelah dimodifikasi
Untuk
membuat bagian badan tarik bagian atas objek keatas, lalu agar terlihat detail
pada bagian dada dengan cara menekan tombol “ctrl + r” pada keyboard dan tarik
garis tersebut agar menyerupai dada. Sama halnya dengan membuat tangan tarik
pada bagian badan ke samping kiri agar terlihat detail pada pergelangan tangan
dengan cara menekan tombol “ctrl + r” pada keyboard. Maka akan tampak seperti
pada gambar dibawah ini :
Gambar Membuat badan pada objek
Maka
objek dalam keadaan “object mode” secara keseluruhan akan tampak seperti pada
gambar dibawah ini :
Gambar Objek secara keseluruhan
Agar objek terlihat tidak kaku, maka
dapat diperhalus dengan cara memilih “smooth” pada panel object tools pada
bagian kiri layar monitor, seperti pada gambar dibawah ini :
Gambar Menambahkan efek smooth pada objek
Sehingga objek akan terlihat lebih
halus seperti pada gambar dibawah ini :
Gambar Objek setelah diberi efek smooth
Untuk membuat kepala dibutuhkan
objek baru yaitu UV Sphere dengan cara sepeti pada gambar berikut ini :
Gambar Menambahkan objek UV Sphere ke layar
Setelah muncul pada layar monitor
maka objek UV Sphere tersebut dijadikan “smooth” caranya seperti sebelumnya
lalu pindahkan objek tersebut kebagian kepala diatas badan objek yang telah
dibuat sebelumnya. Maka akan tampak seperti pada gambar dibawah ini :
Gambar Objek setelah diberi kepala
Rancangan Pembuatan Gerakan Sholat
Untuk
menggerakan tulang atau yang lebih dikenal dengan istilah rigging cukup mudah
hanya dengan menggerakan tulang tersebut maka objeknya pun ikut bergerak sesuai
dengan arah tulang itu digerakkan. Seperti pada gambar dibawah ini :
1. Gambar
objek sedang melakukan gerakan sholat takbiratul ihram :
Gambar Takbiratul ihram
2. Gambar
objek sedang bersedekap :
Gambar Bersedekap
3. Gambar
objek sedang rukuk :
Gambar Rukuk
4.
Gambar objek sedang itidal/ bangun dari
rukuk :
Gambar Bangun dari rukuk
5.
Gambar objek sedang sujud :
Gambar Sujud
6. Gambar
objek sedang melakukan duduk diantara 2 sujud :
Gambar Duduk diantara 2 sujud
Pembuatan
Animasi
Setelah
mengatur tulang untuk gerakan-gerakan sholat pada objek, maka langkah
selanjutnya adalah membuat animasi. Untuk melakukan render animasi perlu
dilakukan pengaturan agar saat di render animasi akan beresktensi avi. Jika
tidak dilakukan pengaturan terlebih dahulu maka animasi yang akan dihasilkan
hanya berupa gambar berekstensi png. Pengaturannya dapat dilakukan seperti pada
gambar dibawah ini :
Gambar Format ekstensi animasi
Pengaturan Frame
Untuk
lebih mempermudah dalam melakukan render animasi, maka dapat dibagi menjadi
beberapa part. Hal ini dilakukan agar dapat menghemat waktu saat merender
animasi. Untuk mengatur frame dapat dilakukan seperti pada gambar dibawah ini :
Gambar Frame 1 sampai 260
Render dimulai dari
frame 0 sampai dengan frame 260. Pada render ini akan menghasilkan gerakan
sholat takbiratul
ihram. Seperti pada gambar dibawah ini :
Gambar Takbiratul ihram saat
di render
Selanjutnya untuk merender gerakan sholat yaitu rukuk dapat dimulai
dari frame 320 sampai dengan frame 520, seperti pada gambar dibawah ini :
Gambar Frame 320 sampai 520
Maka hasil render
animasi akan seperti pada gambar dibawah ini :
Gambar Rukuk saat di render
Untuk merender gerakan sholat yaitu sujud dapat dimulai dari frame 710
sampai dengan frame 840, seperti pada gambar dibawah ini :
Gambar Frame 710 sampai 840
Maka hasil render animasi akan seperti pada gambar dibawah ini :
Gambar Sujud saat di render
Untuk merender gerakan sholat yaitu duduk diantara dua sujud dapat
dimulai dari frame 860 sampai dengan frame 1000, seperti pada gambar dibawah
ini :
Gambar Frame 860 sampai 1000
Maka hasil render animasi akan seperti pada gambar dibawah ini :
Gambar Duduk diantara dua
sujud saat di render
Untuk merender gerakan sholat yaitu duduk diantara dua sujud dapat
dimulai dari frame 1030 sampai dengan frame 1130, seperti pada gambar dibawah
ini :
Gambar Frame 1030 sampai 1130
Maka hasil render animasi akan seperti pada gambar dibawah ini :
Gambar Salam saat di render
Hasil Render :
Posting Komentar